Sunday, September 23, 2012

Tips Mengurangi Timbunan Lemak di Tubuh

diet
Siapa yang suka melihat tubuhnya ditimbuni lemak? Selain menurunkan penampilan, kelebihan lemak tersebut patut diawasi, jangan sampai merugikan kesehatan. Jika memungkinkan, sebaiknya Anda juga melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk membantu mengurangi timbunan lemak tersebut. Bukankah bentuk tubuh yang ideal dan seimbang merupakan dambaan Anda juga? Salah satu cara untuk membantu mengurangi timbunan lemak ialah dengan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. Cara ini akan lebih bermanfaat jika diikuti dengan diet yang baik dan mengurangi asupan kalori. Menurut pakar kesehatan, pengurangan kalori dapat membantu seseorang menghilangkan 25 persen massa tubuh yang bukan lemak dan 75 persen lemak, sementara jika dikombinasikan dengan aktivitas fisik, penghilangan lemak dapat mencapai 98 persen.
Olahraga yang dapat dilakukan bisa beragam, tergantung usia dan kemampuan Anda. Namun, Anda disarankan agar intensitas aktivitas fisik itu berada antara 60 sampai 90 persen dari denyut jantung maksimum. Untuk menghitung denyut jantung maksimum, Anda dapat menggunakan rumus 220 (denyut per menit) dikurangi usia, selanjutnya dikalikan dengan tingkat intensitasnya. Misalnya, denyut jantung maksimum seorang wanita berusia 50 tahun ialah 220 - 50 = 170, maka sebaiknya aktivitas fisiknya 170 x 60% = 102.
Lakukan olahraga tersebut minimal tiga kali seminggu, empat atau lima kali seminggu akan lebih bermanfaat. Untuk mengetahui intensitas olahraga yang paling cocok, ada baiknya Anda konsultasikan kepada ahlinya. Hidup aktif dan menyediakan sekurangnya 30 menit setiap hari untuk  "olahraga" seperti menaiki tangga atau berjalan kaki ketimbang naik lift, sebenarnya sudah sangat membantu.
Sikap yang positif, diet yang cukup dan sehat, olahraga, dan menghindari rokok serta minuman keras adalah cara untuk dapat hidup sehat. Kesemuanya bukanlah hal yang sukar dilakukan, hanya saja Anda mungkin membutuhkan motivasi dan dorongan semangat untuk itu.
Salah satu cara yang baik untuk memulai ialah dengan melakukannya bersama-sama. Anda dapat melakukannya dengan pasangan atau teman. Pilihlah olahraga yang sekurang-kurangnya masih bisa dinikmati sehingga Anda tidak merasa terbebani. Saling mengingatkan dan mendorong akan membuat motivasi Anda terbangun. Selain itu, memang tidak ada jalan pintas untuk hidup yang sehat.

Sumber: shvoong.com

No comments:

Post a Comment