Wednesday, September 19, 2012

Tips Membeli Mobil Bekas

Mobil Bekas

Bagi anda warga Ibu Kota, ada banyak alasan untuk memiliki kendaraan pribadi. Jauh dari niat untuk bergaya, kendaraan pribadi dibutuhkan untuk kemudahan dan kenyamanan transportasi. Maklum, angkutan umum sulit untuk diandalkan dan kalau pun ada, kondisinya sangat tidak nyaman.
Jika dana belum mencukupi, tak perlu kecil hati. Mobil bekas dapat menjadi pilihan. Jika beruntung, Anda bisa memperoleh mobil bekas dengan kondisi prima dengan harga yang terjangkau.
Agar tak salah beli, tentu saja mobil bekas tersebut harus dijajal. Tak perlu malu dicap cerewet. Lebih baik dianggap tidak tahu malu, tetapi tidak menyesal kemudian. Jika Anda merasa tidak pede atau tidak paham hal-hal yang harus diperhatikan, tips berikut dapat membantu.
Untuk urusan mesin, serahkan pada ahlinya. Jika anda tidak benar-benar mengerti jeroan mobil, sebaiknya ajak orang yang Anda percayai. Namanya mobil bekas tentu saja tidak akan semulus dan seprima mobil baru. Namun, setidaknya Anda mendapatkan mobil dengan kondisi terbaik untuk setiap rupiah yang dikeluarkan.
Selesai urusan mesin, berikutnya adalah kenyamanan berkendara. Pastikan Anda benar-benar nyaman dengan kondisi mengemudi.
Ban alias kaki-kaki adalah bagian berikutnya yang perlu Anda perhatikan dengan seksama. Bagian ini menentukan keamanan dan kenyamanan berkendara. Pastikan tidak ada bunyi-bunyi yang tidak normal dari kaki-kaki.
Cek pergerakan tuas transmisi. Jika bantalnya aus, biasanya pergerakan tuas tidak presisi. Rasakan juga tingkat selip di kopling. Di jalan, saat perpindahan gigi tak boleh ada suara berderak yang menandakan keausan transmisi.
Satu lagi yang perlu diperhatikan adalah kondisi rem. Lakukan pengecekan dengan menginjak rem secara perlahan. Kalau ada bunyi berdecit, kemungkinan kampas rem sudah tipis. Di tempat aman, lakukan pengereman sembari melepas setir. Kalau membanting ke satu arah, kemungkinan distribusi kekuatan rem sudah tidak merata, bisa disebabkan master rem lemah.
Itulah tips-tips yang perlu diperhatikan untuk memilih dan membeli mobil bekas yang baik. Selamat berburu mobil bekas!

Sumber: shvoong.com

No comments:

Post a Comment