Friday, August 3, 2012

Motivasi dan Tujuan Penelitian


1. Motivasi dan Tujuan Penelitian
Motivasi dari dilakukannya suatu penelitian yaitu karena adanya keinginan untuk memperoleh dan mengembangkan pengetahuan. Sedangkan tujuan utama penelitian ada dua, yaitu untuk memperoleh/mengembangkan pengetahuan, dan untuk memecahkan suatu masalah atau menjawab pertanyaan penelitian.

2. Karakteristik Penelitian
Karakteristik dari suatu penelitian ada tiga, yaitu tujuan penelitian, metode-metode penelitian yang digunakan, dan hubungan antara penelitian dengan ilmu.

3. Metode Ilmiah
Metode ilmiah adalah suatu proses atau cara-cara tertentu untuk mengkaji sumber-sumber untuk memperoleh pengetahuan yang benar. Pengetahuan atau ilmu yang diperoleh dari suatu metode ilmiah harus mempunyai karakteristik yaitu ilmu tersebut mempunyai pengetahuan yang rasional dan pengetahuan yang teruji. Ilmu diperoleh dari suatu penelitian, dan penelitian dilakukan untuk mengembangkan sebuah ilmu menjadi lebih baik dari yang sebelumnya.

4. Proses Penelitian
Proses penelitian dimulai dengan menemukan suatu masalah/pertanyaan penelitian, kemudian pemecahan masalah dilakukan dengan dua dimensi pengujian, yaitu dengan telaah teoritis dan pengujian fakta. Kemudian dari proses tersebut dapat ditarik kesimpulan yang berupa dukungan atau penolakan terhadap hipotesis yang dikembangkan dari telaah teoritis melalui pengujian fakta atau pengungkapan fakta yang digunakan sebagai dasar untuk penyusunan teori atau hipotesis.

5. Paradigma Penelitian
Paradigma penelitian ada dua jenis yaitu paradigma kuantitatif dan paradigma kualitiatif. Paradigma kuantitatif menekankan pada pengujian teori, sedangkan paradigma kualitatif menekankan pada pemahaman masalah berdasarkan realita.

6. Kriteria Penelitian Ilmiah
  • Menyatakan tujuan secara jelas
  • Menggunakan landasan teoritis dan metode pengujian data yang relevan
  • Mengembangkan hipotesis yang dapat diuji dari telah teoritis atau berdasarkan pengungkapan data
  • Mempunyai kemampuan untuk diuji ulang (replikasi)
  • Memilih data dengan presisi sehingga hasilnya dapat dipercaya
  • Menarik kesimpulan secara obyektif
  • Melaporkan hasilnya secara parsimony
  • Temuan penelitian dapat digeneralisasi
Sumber: shvoong.com

No comments:

Post a Comment