Wednesday, July 25, 2012

Gadget 2012: Tablet atau Ultrabook?


Memasuki tahun 2012, tren gadget berkutat antara tablet dan ultrabook. Dua gadget ini tercipta guna memenuhi kebutuhan mobilitas manusia. Akan tetapi, bukan pilihan mudah karena semuanya kembali pada kebutuhan masing-masing individu. 

Beberapa kelebihan tablet yakni kita dapat menggunakan di setiap saat, baik saat berdiri, berjalan, maupun dipegang dengan satu tangan karena bobotnya yang ringan dan ringkas. Dengan dukungan layar sentuh dan berlayar lebih lebar dari ponsel, proses navigasi menjadi lebih mudah dan leluasa untuk menjelajahi internet. Aplikasi yang dimiliki oleh tablet juga cukup mumpuni dengan adanya manajemen file yang cukup baik dan beberapa aplikasi yang mendukung untuk menyelesaikan tugas kantor, seperti mengetik, presentasi, dan lainnya. Dukungan konektivitas mobile broadband internet dengan kemampuan hingga 3,5 G. Untuk hiburan, tablet pun menyediakan banyak game yang bisa langsung diunduh dan digunakan.

Sekarang mari kita tengok ultrabook. Salah satu kelebihannya adalah start up dan shut down yang cepat dan sesaat setelah menyala, ultrabook akan langsung mencari jaringan Wi-Fi secara otomatis. Lalu, dukungan desain tipis dan ringan membuat ultrabook nyaman dibawa kemanapun. Dimensinya yang cukup luas juga membuat mata kita memiliki ruang pandang yang ideal dan tidak mudah lelah. Ultrabook kian mumpuni karena menggunakan prosesor IntelCore i3, i5, atau i7 (Sandy Bridge) jenis Ultra Low Voltage (ULV) yang membuatnya memiliki performa tinggi dengan daya tahan baterai minimum 5 jam. Dengan ditunjang kartu grafis, ultrabook bisa memuaskan hasrat bermain bagi mereka yang juga pecinta gameUltrabook cocok untuk memenuhi para kebutuhan profesional muda dengan mobilitas tinggi, tetapi dengan spesifikasi pekerjaan lebih berat seperti editing dan lainnya. Tak perlu khawatir dengan ruang penyimpanan karena seperti layaknya notebook, ultrabook dibekali dengan HDD minimal 500 GB.

Namun, menurut beberapa pengamat, ultrabook tidak akan merebut pasar tablet karena memiliki pasar sendiri. Ultrabook adalah hasil dari metamorfosis PC agar tetap relevan dengan teknologi yang ada. Jadi, sudahkah anda menentukan pilihan gadget untuk tahun 2012?

Sumber: 
shvoong.com

No comments:

Post a Comment