Sunday, July 1, 2012

Tiga Keunikan Menikmati Cappuccino


Secangkir minuman dengan aroma harum yang khas dengan citarasa nikmat dengan bagian atas berupa foam yang lembut, itulah cappuccino. Minuman yang berasal dari Italia dan terbuat dari paduan kopi, susu, dan foam susu ini memang digandrungi banyak orang. Meskipun hingga sekitar 1990-an minuman kopi ini baru dikenal di Eropa dan sejumlah kota besar di Amerika Utara, kini popularitas cappuccino telah melanglang buana hingga ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.
Ada tiga keunikan yang membuat tenar cappuccino. Pertama, cappuccino merupakan salah satu olahan kopi terkenal dengan komposisi 1/3 kopi, 1/3 susu, dan 1/3 foam susu. Cita rasa yang khas dan tidak terlalu pahit membuat minuman ini menjadi favorit banyak orang. Kini cappuccino bisa dikombinasikan dengan beberapa bahan lainnya, seperti cokelat ataupun buah tertentu.
Kedua, menikmati cappuccino juga merupakan sensasi menikmati sebuah gaya hidup. Menikmati secangkir cappuccino di kamar pastinya berbeda dengan menikmati secangkir cappuccino di kafe. Keunikan terakhir adalah seni dari secangkir cappuccino. Banyak orang yang menjelajah seluruh dunia hanya untuk mencicipi kesempurnaan cappuccino khas suatu negara.
Misalnya, di sejumlah negara di Eropa, cappuccino dinikmati dengan bentuk lebih padat. Di Australia, cappuccino disajikan dengan cappuccino art di atasnya. Sementara itu, di Indonesia, tak sedikit orang yang menikmati cappuccino dengan tambahan gula atau sirup. Namun, penggemar cappuccino sejati umumnya menikmati cappuccino orisinal tanpa tambahan gula.

Prestise cappuccino pun meningkat, tak hanya secangkir sekadar kopi berbuih lembut. Kesempurnaan cappuccino yang berasal dari bahan berkualitas dan proses pembuatan terjamin adalah kunci tersajinya secangkir cappuccino yang nikmat.
Salah satu bahan pembuat cappuccino adalah biji kopi terbaik seperti jenis arabica. Biji kopi ini hanya dapat ditanam di ketinggian 900-1100 di atas permukaan laut, dengan tingkat keasaman tanah tertentu, dan syarat-syarat lain untuk menghasilkan biji kopi arabica yang berkualitas. Biji kopi arabica dapat menghasilkan kopi dengan komposisi lebih seimbang dan kandungan kafein tidak terlalu tinggi.

Sumber: shvoong.com

No comments:

Post a Comment