Saturday, July 28, 2012

Manfaat Menanam Sayuran di Pekarangan


Penghijauan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tidak hanya menanam tanaman besar, tetapi berbagai jenis sayuran juga merupakan tindakan yang membantu terciptanya lingkungan yang lebih hijau. Berkebun sayur di rumah mempunyai banyak manfaat, diantaranya yaitu:
  1. Mengurangi jejak karbon. Emisi karbon dihasilkan seseorang melalui kegiatan dan konsumsinya atas barang-barang, termasuk makanan. Jika mengonsumsi sayur dari tempat yang jauh, kita akan menghasilkan jejak karbon yang lebih besar. Ini karena dibutuhkan transportasi dan pengemasan yang menghabiskan energi banyak. Jika mempunyai pekarangan sendiri, kita dapat memetik sayur untuk dikonsumsi sendiri sehingga kita menghemat energi dan meninggalkan jejak karbon lebih sedikit.
  2. Kita dapat mengetahui kualitas sayur yang kita konsumsi karena kita menanamnya sendiri, daripada kita beli dari supermarket atau pasar yang kita tidak tahu kualitas sesungguhnya karena kita tidak terlibat langsung dalam penanaman dan perawatan tanaman sayur tersebut.
  3. Pilih sayuran yang cocok ditanam sesuai keadaan lingkungan kita, jika jenis yang ditanam sesuai, kita dapat memanen sayur dan mengonsumsinya secara rutin. Misalnya jika kita tinggal di dataran rendah, kita bisa menanam sawi atau kangkung, tetapi jika kita tinggal di dataran tinggi, sayuran yang cocok untuk ditanam adalah brokoli, selada, dan kol.
  4. Manfaat yang terakhir yaitu tentu seperti yang kita bicarakan di awal tadi, yaitu membuat lingkungan sekitar kita lebih hijau. Jangan khawatir jika kita tidak memiliki lahan untuk pekarangan, sekarang sudah banyak cara bercocok tanam yang tidak menggunakan lahan, misalnya vertikultur atau bercocok tanam secara vertikal. Ini dapat dilakukan dengan cara memanfaatkan pipa talang yang digantung atau membuat rak di sepanjang dinding.
Sumber: shvoong.com

No comments:

Post a Comment