Tuesday, July 17, 2012

Nyeri Sendi, Waspadai Osteoarthritis


Pernahkah Anda mengalami nyeri di lutut pada saat naik tangga? Atau, nyeri sendi saat bergerak tiba-tiba? Bila jawabannya ya, mungkin anda menderita osteoarthritis.

Banyak orang barangkali lebih mengenal osteoporosis, tetapi osteoarthritis patut diwaspadai juga. Gangguan ini adalah peradangan sendi kronis dan progresif disertai kerusakan tulang rawan sendi berupa disintregrasi (pecah) dan perlunakan progresif permukaan sendi dengan pertumbuhan tulang rawan sendi (osteofit) di tepi tulang.

Menurut penelitian di Amerika Serikat, penyakit osteoarthritis lebih banyak diderita wanita berusia 50 tahun ke atas, hal ini berhubungan dengan menopause. Pada periode ini, homon estrogen tidak berfungsi lagi untuk mempertahankan massa tulang.

Satu lagi faktor wanita rentan terhadap osteoarthritis karena tubuh wanita lebih lebar di bagian pinggul, sementara pria cenderung lurus. Nah, lemah biasa bertambah di pinggul dan perut ketika perempuan beranjak tua sehingga memberikan beban lebih besar pada lutut.

Akan tetapi bukan berarti pria tidak bisa menderita osteoarthritis, faktor usia, kegemukan, riwayat imobilisasi (suatu keadaan seseorang harus berbaring dalam waktu yang lama), riwayat trauma atau radang persendian, dan lainnya juga bisa menjadi penyebab.

Osteoarthritis terdiri dari 4 stadium. Stadium 1 dan 2 dapat dilakukan dengan pencegahan, pemberian obat-obatan, atau pembersihan sendi. Edukasi menjaga kesehatan persendian juga penting di samping olahraga ringan, modifikasi aktivitas keseharian, dan pengobatan menggunakan glucosamine dan chondroitin.

Sumber: 
shvoong.com

No comments:

Post a Comment