Friday, July 27, 2012

Mengatasi Asap Mengepul pada Kendaraan Bermotor

Asap knalpot disertai bau yang sangat tajam menjadi satu tanda yang patut dicurigai pada sepeda motor, karena bisa saja proses pembakaran di dalam mesin yang tidak sempurna.

Ada beberapa hal yang menyebabkan pembakaran tidak sempurna, mulai dari bensin hingga filter udara yang tersumbat kotoran. Menggunakan bensin dengan kualitas yang baik memang menjadi langkah untuk mendukung pembakaran yang sempurna.

Sistem pengapian yang tidak baik menjadi penyebab yang lain. Ignition coil dan busi yang sudah aus/kotor atau tidak layak pakai adalah kondisi yang patut diwaspadai. Mengganti busi dengan yang baru bisa dicoba untuk mendapatkan pembakaran yang sempurna, tapi harus busi yang benar-benar cocok bagi mesin. Demikian juga jarak elektroda dan ketebalannya. Jika jaraknya terlampau jauh, mesin motor akan pincang pada putaran mesin tinggi. Sebaiknya jika jarak elektrode terlampau dekat, motor akan pincang saat mesinnya digunakan pada putaran mesin.

Selanjutnya membersihkan fiber udara. Bersihkan semua bagian komponen ini dengan kuas lembut. Setelah itu bisa digunakan pembersih khusus berupa semprotan dan air compressor agar kotoran yang menempel pada bagian yang sulit terjangkau bisa tuntas dibersihkan. Untuk busanya, cucilah di dalam solven atau cairan lain yang tidak mudah terbakar.

Periksa karburator karena mungkin setelannya sudah tidak baik sehingga menyebabkan campuran bahan bakar menjadi terlalu banyak. Langkah terakhir untuk mengatasi asap knalpot yang mengepul adalah menggunakan pelumas yang direkomendasi oleh pembuat mesin kendaraan.
Pada prinsipnya, pemeliharaan berkala yang teratur dapat menghindarkan kita dari masalah. Andaikan ada masalah, sudah dapat diketahui sejak dini.

Sumber: 
shvoong.com

No comments:

Post a Comment