Saturday, June 16, 2012

Agar Harddisk Tidak Terlalu Gemuk


Bagi yang senang mengutak-atik komputer pasti mengerti, betapa berharganya setiap byte dari ruang harddisk yang dimilikinya. Sayangnya program-program komputer dewasa ini sangat rakus akan ruang kosong, apalagi jika Anda menggunakan internet. Tak heran jika dalam waktu singkat harddisk Anda akan menjadi gemuk akibat kebanyakan isi.
 
Minimnya ruang harddisk akan membuat kerja komputer Anda menjadi lamban. Jika harddisk komputer mulai penuh, Anda dapat mengikuti sejumlah tips berikut untuk mengosongkan sebagian isinya.
Langkah pertama, carilah berkas-berkas sementara atau yang tidak Anda pergunakan lagi. Sebagai langkah pengamanan, biasakan untuk selalu membuat salinannya sebagai backup, dan setelah yakin sudah tidak membutuhkannya lagi, Anda dapat menghapusnya.
 
Komputer berbasis Windows lazimnya menyimpan banyak berkas yang mungkin sudah tidak dipakai lagi. Anda dapat membuangnya, termasuk berkas-berkas "readme", yaitu berkas-berkas yang berisi petunjuk ketika sebuah program baru saja diinstal. Jika Anda tidak pernah membacanya, Anda dapat dengan aman membuangnya.

Setelah menjalankan program-program tertentu, di komputer Anda akan tersisa berkas-berkas berekstensi tertentu, seperti tmp, bak, syd, dan old. Anda juga dapat menghapus berkas-berkas tersebut untuk menambah ruang kosong harddisk. Anda tak perlu takut untuk menghapus berkas berekstensi tmp, karena Windows akan menolak perintah penghapusan jika berkas-berkas itu masih digunakan oleh sistem.

Menjelajahi internet juga membuat harddisk Anda penuh sesak dengan berkas-berkas temporer, yang maksudnya memudahkan Anda untuk membuka halaman web pada waktu yang akan datang. Tergantung aplikasi penjelajah (browser) yang Anda pergunakan, biasanya tersedia pilihan untuk menghapus berkas-berkas sementara tersebut.
 
Cara lain agar isi harddisk Anda tidak terlalu penuh sesak ialah dengan mengompresi berkas dan folder yang jarang dipakai, termasuk untuk berkas-berkas yang Anda download dari internet. Untuk ini, Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi, antara lain WinZip atau IZArc. Jika sewaktu-waktu membutuhkannya, Anda dapat membuka kompresinya dan menggunakannya kembali.

Sumber: 
shvoong.com

No comments:

Post a Comment