Wednesday, June 13, 2012

Sistem Informasi Akuntansi Manajemen


Karakteristik Akuntansi Manajemen dapat ditinjau dari dua sudut pandang, yaitu:
  1. Akuntansi Manajemen sebagai Tipe Akuntansi
  2. Akuntansi Manajemen sebagai Tipe Informasi


Perbedaan Akuntansi Keuangan dengan Akuntansi Manajemen
  • Pemakai Utama. Pemakai utama Akuntansi Keuangan adalah investor, pemegang saham, kreditur (pihak luar perusahaan, sedangkan pemakai utama Akuntansi Manajemen adalah manajer (pihak perusahaan).
  • Dasar Pencatatan. Dasar pencatatan dari Akuntansi Keuangan adalah Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku, sedangkan Akuntansi Manajemen tidak selalu mengacu kepada standar/peraturan akuntansi keuangan yang berlaku di negara tersebut.
  • Fokus Informasi yang diolah. Akuntansi Keuangan mengolah informasi masa lalu atau yang sudah terjadi, sedangkan Akuntansi Manajemen mengolah informasi yang digunakan untuk masa mendatang.
  • Lingkup / scope informasi yang diolah. Akuntansi Keungan mengolah seluruh informasi keuangan perusahaan, sedangkan Akuntansi Manajemen hanya sebagian yang dirasa penting bagi perusahaan.
  • Sifat laporan yang dihasilkan. Akuntansi Keuangan mempunyai laporan keuangan yang pasti, sedangkan Akuntansi Keuangan menghasilkan laporan yang digunakan sebagai prediksi untuk masa yang akan datang.
  • Dasar Ilmu. Akuntansi Keuangan menggunakan Ilmu Ekonomi, sedangkan Akuntansi Manajemen menggunakan tidak hanya Ilmu Ekonomi tetapi juga menggunakan ilmu psikologi.
  • Keterlibatan manusia/orang. Akuntansi Keuangan disusun oleh bagian keuangan perusahaan saja sehingga membutuhkan sedikit orang, sedangkan Akuntansi Manajemen mencakup semua orang di dalam perusahaan mulai dari manajer, bagian produksi, bagian pemasaran, dll.


Sistem Informasi Akuntansi Manajemen dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:
  1. Full Accounting Information (FAI) = Tipe informasi akuntansi manajemen yang mengolah informasi masa lalu dan masa yang akan datang.
  2. Differential Accounting Information (DAI) = Tipe informasi akuntansi manajemen yang mengolah informasi ttg taksiran biaya, pendapatan, dan aset dari berbagai alternatif yang akan dipilih.
  3. Responsibility Accounting Information (RAI) = Tipe informasi akuntansi manajemen yang mengolah informasi ttg biaya, pendapatan dan aktiva yang dikaitkan dengan pusat-pusat pertanggungjawaban.


Perspektif Historis Akuntansi Manajemen
  1. Pencatat Skor (Score Keeping).
  2. Penarik Perhatian Manajemen (Attention directing).
  3. Membantu dalam pemecahan masalah (problem solving).
Sumber: shvoong.com

1 comment:

  1. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

    ReplyDelete