Saturday, June 23, 2012

Berbisnis Melalui Jejaring Sosial


Jejaring sosial (social network) bukan lagi sekadar berfungsi sebagai pencari teman, tetapi juga pembangun bisnis. Hampir semua promosi sekarang menggunakan sarana jejaring sosial dari barang, jasa, hingga kampanye politik.

Kecepatan informasi dan interaksi dengan konsumen secara langsung adalah alasan jejaring sosial menjadi salah satu agenda penting dalam berpromosi. Hal inilah yang membuat tumbuhnya beberapa online shopping yang dilakukan secara pribadi. Namun, tidak banyak orang yang tahu bahwa jejaring sosial juga mempunyai resiko. Berikut ini yang harus diketahui dalam berbisnis di jaringan media sosial:

Berhati-hatilah dengan tweet atau post
You are what you tweet or post. Karena tidak bisa bertemu muka, orang menjadi kritis terhadap perkataan dan sebuah informasi. Yang terjadi adalah muncul dugaan-dugaan tentang pribadi Anda, bahkan hingga yang paling detail sekalipun. Oleh karena itu, berpikirlah sebelum mengutarakan pendapat.

Jelaskan dengan sejelas-jelasnya
Cepatnya penyampaian sebuah informasi terkadang mengaburkan maksud dari informasi itu sendiri. Tak heran masyarakat terkadang menjadi bingung dan parahnya malah cenderung menjadi apatis. Oleh karena itu, berikan informasi yang dibutuhkan dengan sejelas-jelasnya.

Kontroversial tidak selalu buruk
Bersikap kontroversial tidak selalu buruk karena perkembangan pengetahuan di dunia membuat orang menjadi lebih terbuka akan segala pemikiran. Jadi, terkadang di dunia jejaring sosial hal kontroversial malah mengundang respons yang positif. Akan tetapi, hal kontroversial tentu saja lebih banyak mengandung hal negatif. Tentu bukan tidak boleh membahas hal kontroversial, tetapi berhati-hatilah.

Tidak semua orang bisa terpuaskan
Promosi dengan jejaring sosial lebih bermain dengan pola pikir. Ciptakan pemikiran yang berbeda untuk menjaring respons yang berbeda dan lebih banyak daripada produk lain yang sejenis. Akan tetapi, apabila tidak hati-hati, malah bisa menjatuhkan produk Anda sendiri karena pola pikir yang salah.

Perencanaan strategi yang matang
Banyak yang berhasil, banyak juga yang gagal berbisnis lewat jejaring sosial. Sama seperti promosi fisik, promosi melalui jejaring sosial juga harus direncanakan dengan matang. Banyak membaca dan mencari relevansi akan lebih baik daripada langsung maju ke "medan perang".

Sumber: 
shvoong.com

No comments:

Post a Comment