Tuesday, June 26, 2012

Agar Tinta Printer Tetap Hemat


Mengelola bisnis bukanlah hal yang mudah dilakukan. Dibutuhkan strategi serta trik tersendiri agar operasional harian dapat bekerja lancar. Di sisi lain, berhubung segala sesuatunya ditangani sendiri dan dari kocek sendiri, memahami dengan baik berbagai trik untuk meringankan biaya operasional adalah salah satu cara agar kocek tak melulu kebobolan.

Salah satunya adalah menghemat tinta printer, berhubung perangkat ini termasuk yang paling sering digunakan. Walaupun cepat tidaknya printer habis sangat tergantung dari banyaknya dokumen yang dicetak, ada banyak cara untuk menyiasati hal tersebut.

Diantaranya adalah memilih mode economy saat mencetak agar cartridge printer tidak mengeluarkan terlalu banyak tinta saat mencetak. Akan tetapi, lain halnya kalau Anda hendak mencetak dengan kualitas atau resolusi yang tinggi. Pada umumnya, printer-printer yang ada sekarang sudah dilengkapi dengan fasilitas ini dalam software-nya meski dengan nama yang berbeda-beda. Anda bisa melihat mode ini pada kolom print option.

Jika cartridge hitam habis, sementara hendak mencetak dokumen hitam-putih, ada baiknya untuk mengganti cartridge tersebut terlebih dahulu daripada memaksa menggunakan cartridge berwarna. Hal ini dimaksudkan karena saat cartridge berwarna hendak mencetak dokumen berwarna hitam-putih, dibutuhkan campuran warna yang cukup banyak. Hal ini secara otomatis akan membuat tinta cepat habis.

Jika dalam dokumen tersebut ada gambar, pertimbangkan apakah Anda memang perlu mencetak gambar tersebut atau tidak, apalagi kalau Anda hendak mencetak langsung dari halaman web.
Mengklik pilihan print current page pada kolom print option menjadi langkah berikut yang bisa dilakukan jika memang hanya satu halaman tertentu yang ingin dicetak. Meski sederhana, langkah ini kerap kali terlewat.

Demikian pula saat hendak mencetak hanya sebagian dari halaman (misalnya hanya satu atau dua paragraf), Anda bisa mengklik print selection pada kolom print option setelah men-drag bagian yang hendak di-print. Dengan cara ini, usia tinta printer Anda tentu akan lebih lama.

Sumber: 
shvoong.com

No comments:

Post a Comment