Saturday, June 16, 2012

Kunci Keberhasilan


Kepercayaan adalah hal yang semakin mahal pada era modern sekarang ini. Seseorang bisa langgeng berbisnis kalau memegang kepercayaan klien. Begitu juga segala usaha lainnya, termasuk di dalam pekerjaan Anda.
Kepercayaan itu seperti pohon, tidak bisa tumbuh besar secara instan. Kepercayaan membutuhkan kesabaran, ketekunan, dan kesetiaan untuk menjaga dan merawatnya agar bisa tumbuh besar. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda pakai untuk menumbuhkan kepercayaan orang lain.

Bertemu muka
Bila sering menyapa orang lewat e-mail atau chatting, luangkan waktu Anda dengan bertemu. Saat bertemu, hadirilah dengan seluruh jiwa raga Anda sehingga waktu akan terasa berkualitas dan terbangun kepercayaan.

Terbuka
Jauhkan diri Anda dari segala rencana terselubung. Anda mungkin berpikir bisa mengelabui mereka, tetapi ingat, banyak orang yang memiliki intuisi baik. Orang juga bisa mempunyai rencana tersembunyi terhadap Anda, tetapi hadapilah dengan baik dan sopan. Jangan terpancing permainannya.

Jujur
Apabila Anda mengacaukan suatu rencana atau pekerjaan, jangan lari dan mengakulah serta segera perbaiki. Pikirkan hal positif bahwa dengan mengaku, hasil positif lainnya akan datang. Jangan buat pujian palsu kepada orang lain. Ingat orang mempunyai semacam detektor yang bisa membaca maksud Anda.

Hargai orang lain
Jangan coba meremehkan kemampuan orang lain. Saat sedang rapat, sebisa mungkin buka mata, telinga, dan pikiran sehingga bisa mendapatkan ide untuk memberikan masukan di dalam rapat. Hal itu menunjukkan kecerdasan emosional Anda bekerja. Semakin menunjukkan rasa hormat, orang lain pun akan menaruh kepercayaan terhadap Anda.

Menyesuaikan diri dengan situasi
Bersiaplah dengan segala kondisi. Anda bisa saja diberikan tanggung jawab lebih dan berjanji akan memberikan yang terbaik. Jangan buat janji kosong dan lakukanlah tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. Orang akan menaruh kepercayaan saat memberikan nilai tambah tersendiri terhadap orang lain, kepercayaan akan terbangun lebih cepat lagi.

Konsisten
Setelah semua kepercayaan terbangun, jangan pernah meninggalkan kebiasaan baik Anda terdahulu. Konsistensi adalah kunci untuk menjaga kepercayaan orang lain. Oleh karena itu, terus lakukan dan anggaplah kepercayaan bukan "kata benda" tetapi juga "kata kerja".

Sumber: 
shvoong.com

No comments:

Post a Comment