Friday, June 15, 2012

Agar LCD Ponsel Tetap Tampil Segar

Semua peranti yang dipakai setiap hari tentunya akan usang termakan waktu, termasuk LCD ponsel. Namun, dengan perawatan dan sentuhan yang tepat, usia LCD akan menjadi lebih lama dan Anda bisa menghemat biaya perbaikan ponsel.


Hal pertama yang dilakukan, sebaiknya Anda mempertimbangkan kembali untuk segala macam modifikasi LCD. Apabila Anda melakukan hal tersebut, LCD memang akan tampil "beda".
Akan tetapi, perlu diingat bahwa lebih menarik tidak berarti lebih baik. Justru Anda akan merasa kecewa saat tiba-tiba LCD tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Fatalnya lagi adalah saat Anda tidak mampu menunda keinginan memodifikasi saat masa garansi masih berlaku. Kerusakan akibat merubah peranti asli dari pabrik tentunya tidak akan ditanggung.

Hal lain yang penting dilakukan adalah tidak menaruh ponsel Anda di tempat dengan suhu terlalu dingin atau panas dan terkena sinar matahari langsung. Hal ini disebabkan di tempat-tempat tersebut, kinerja kristal cair (LCD) akan berkurang.

Seperti manusia yang memerlukan sentuhan lembut, LCD ponsel juga tentunya dapat berfungsi dengan baik apabila diperlakukan dengan penuh "kasih sayang". Usahakan tidak menekan LCD dengan keras karena akan membuat perangkat tersebut kehilangan fungsinya menampilkan gambar maupun teks. Kondisi LCD yang "tertekan" juga dapat mengganggu komponen-komponen penunjang di dalamnya yang mempengaruhi kualitas tampilan LCD.Selanjutnya, ukuran casing yang pas dan sesuai akan membantu Anda memperpanjang usia LCD. Bukan masalah apabila Anda membeli casing asli yang terjamin kualitasnya. 

Namun, kebanyakan casing asli tidak memenuhi selera Anda untuk sedikit "bergaya".
Casing non-asli menjadi pilihan banyak orang karena lebih "memanjakan" mata dengan berbagai macam pilihan. Sayangnya, karena ukuran yang terkadang tidak standar, jarak casing non-asli tersebut dengan LCD menjadi lebih dekat dan mengakibatkan adanya tekanan pada LCD. Meminimalkan guncangan juga perlu dilakukan terutama bagi ponsel-ponsel yang tidak dirancang tahan pada kondisi tersebut.
Pencegahan di atas hanya untuk "memperpanjang" usia LCD, bukan untuk membuatnya baru selamanya. Segera kunjungi layanan resmi ponsel Anda untuk mengganti LCD yang sesuai saat waktu pakainya sudah habis.

Sumber: 
shvoong.com

No comments:

Post a Comment