Thursday, June 14, 2012

Sistem Pengolahan Data

Sistem pengolahan data atau sistem accounting yaitu memelihara atau mengurus record operasi perusahaan secara lengkap dan menghasilkan dokumen yang menjelaskan operasi tersebut. Dokumen tersebut digunakan oleh manajer dan non-manajer dalam perusahaan dan oleh semua elemen lingkungan kecuali pesaing. Sistem dari sebagian besar organisasi atau perusahaan modern terdiri atas kombinasi antara metode komputer, manual, dan mesin keydriven. Tidak seperti halnya area aplikasi komputer utama, perusahaan tidak mempunyai pilihan mengenai pengolahan data ini. Aplikasi perusahaan ini harus dijalankan agar dapat memberikan dasar untuk mengontrol operasi perusahaan oleh manajemen dan elemen yang ada dalam lingkungan.

Pengolahan data terdiri atas empat tugas dasar, yaitu pengumpulan data, pengubahan data, penyimpanan data, dan pembuatan dokumen. Pengubahan data meliputi pengklasifikasian, penyortiran, pengkalkulasian, dan perekapitulasian.

Ada beberapa sifat pengolahan data yang membedakannya dengan area aplikasi yang lain. Pengolahan data menjalankan tugas yang penting, mengikuti prosedur standar secara relatif, menghimpun data yang detail atau lengkap, mempunyai fokus historis yang utama, dan memberikan informasi pemecahan masalah minimal.

Perusahaan distribusi menggunakan perpaduan dari sembilan subsistem pengolahan data. Empat subsistem mengolah pesanan pelanggan, yaitu entri pesanan, pemesanan stok tambahan, yaitu pembelian, penerimaan, dan account payable. Dua subsistem mengurus atau memelihara buku besar umum dan menghasilkan laporan manajemen standar. Masing-masing merupakan sistem yang dapat didokumentasikan dengan DFD untuk menunjukkan arus data secara logika langkah demi langkah. DFD dapat membentuk dasar desain sistem dengan menggunakan segala jenis teknologi.

Pengolahan data memberikan sumbangan terhadap pemecahan masalah dengan dua cara. Ia menghasilkan laporan standar yang merekapitulasi kondisi keuangan perusahaan, dan ia memberikan database dari data internal yang digunakan oleh subsistem CBIS yang lain.

Sumber: shvoong.com

No comments:

Post a Comment