Wednesday, June 20, 2012

Kolaborasi Sistem Komputer dan Sistem Suara


Perkembangan teknologi informasi begitu pesat seolah tak terbendung. Hampir semua peralatan yang ada telah mengusung teknologi terkini dan siap memanjakan pemiliknya. Tengok saja misalnya keberadaan komputer desktop atau komputer jinjing (laptop). Kini komputer bukan lagi sekadar membantu menyelesaikan pekerjaan, tetapi juga sudah menjadi perangkat hiburan yang memanjakan pemiliknya. Dengan teknologi yang dicangkokkan di dalamnya, sebuah komputer dapat memanjakan pemiliknya dalam mendengarkan alunan musik, menonton film, dan menampilkan game-game seru.

Kendati telah dipersenjatai fitur yang cukup lengkap, tidak semua komputer dapat menghasilkan suara yang maksimal. Untuk itu, tidak sedikit orang menyiasatinya dengan membeli perangkat audio atau speaker aktif dan menghubungkannya ke komputer. Suara yang keluar akan memiliki kualitas yang baik untuk mendengar musik atau menonton film yang mengutamakan suara dramatis.

Namun, jika sudah memiliki perangkat sistem suara di rumah dengan kualitas yang baik, Anda dapat dengan mudah menghubungkan perangkat tersebut ke komputer. Anda tidak perlu lagi membeli perangkat baru yang tentunya akan menambah pengeluaran. Anda hanya membutuhkan kabel yang berfungsi menghubungkan kedua perangkat tersebut.
Kebanyakan komputer yang beredar di pasaran menggunakan jack berjenis TRS 3,5mm sebagai alat koneksi output-nya. Konektor ini merupakan tipe standar untuk menghubungkan ke perangkat earphone dan speaker. Sementara itu, sistem suara yang biasanya digunakan di rumah-rumah menggunakan konektor berjenis RCA pada jalur input-nya.

Oleh karena itu, sebelum membeli kabel yang akan berfungsi sebagai jembatan antara komputer dengan perangkat audio, hendaknya perlu diperhatikan kedua ujung kabel tersebut. Salah satu ujung kabel harus memiliki konektor mini stereo TRS (berdiameter 3,5mm). Ujung kabel lainnya harus terbagi menjadi dua jack RCA, yakni berwarna putih dan berwarna merah.
Perhitungkan pula panjang kabel tersebut. Semakin panjang kabel yang digunakan, semakin berkurang kualitas suara yang dihasilkan. Biasanya kabel yang digunakan tidak boleh lebih dari 9 meter agar suara yang dihasilkan dapat dinikmati optimal.
Hubungkan jack stereo ke line-out kartu suara komputer Anda. Jika menggunakan komputer desktop, biasanya terletak di bagian belakang dari CPU Anda yang diberi warna hijau. Jika Anda menggunakan komputer laptopline-out dapat terletak pada bagian depan, samping, atau belakang.

Hubungkan ujung kabel yang lain ke jack AUX IN pada sistem suara Anda. Setelah kedua ujung kabel terkoneksi ke komputer dan perangkat audio, selanjutnya atur panel kontrol suara yang ada di perangkat audio agar suara yang dihasilkan dapat dinikmati dengan baik sehingga tidak membuat telinga menjadi sakit. Anda pun dapat mengatur jenis suara rendah, ataupun suara bas pada sistem audio Anda. Selamat menikmati film dengan suara dramatis!

Sumber: 
shvoong.com

No comments:

Post a Comment