Saturday, July 14, 2012

Tips dan Trik Mengawali Bisnis Katering


Makanan merupakan aktivitas yang tak bisa dipisahkan dari keseharian kita, termasuk saat resepsi pernikahan. Oleh karena itu, amatlah lumrah jika sang pemilik acara punya keinginan untuk memanjakan tamunya dengan hidangan menggugah selera. Untuk itu, selektif memilih vendor katering yang tepat adalah solusinya.

Tak dimungkiri memang bisnis makanan tak pernah surut. Ada saja pemain baru yang hadir mewarnai ranah yang satu ini, termasuk dalam bisnis katering. Jika Anda tertarik untuk menggelutinya, ada tips dan trik yang praktis dan jitu untuk mengawali usaha tersebut.

Langkah pertama, buatlah menu variatif dengan bahan-bahan pilihan. Tak perlu terlampau banyak, tetapi punya citarasa yang khas dan lezat.

Dengarkan pula masukan dari orang lain, termasuk dari calon klien Anda. Menambahkan sejumlah makanan khas Nusantara atau negara lain yang telah dimodifikasi sesuai pesanan pelanggan, dapat menjadi nilai tambah katering Anda.

Brosur, iklan di media, ikut pameran pernikahan, dan word of mouth marketing jadi senjata ampuh berpromosi. Di sinilah perlunya membangun jaringan kuat supaya nama katering Anda dikenal lebih luas. Jika perlu, mempromosikan lewat situs atau masuk ke social media jadi langkah satu langkah strategis.

Sementara itu, faktor harga juga berperan penting. Untuk itu, diperlukan merancang harga kompetitif tanpa perlu mengurangi kualitas dari makanan. Jika memungkinkan, Anda pun dapat menawarkan variasi paket harga untuk menambah pilihan konsumen.

Hal mutlak lain yang diperlukan adalah kebersihan. Mulai dari kebersihan bahan masakan, peralatan masak, hingga penyajiannya. Contohnya saat menyajikan masakan Sunda, Anda dapat memakai piring dari anyaman rotan kecil atau tanah liat beralas daun pisang.

Kurang lebih itulah beberapa cara strategis untuk mengembangkan usaha katering Anda. Harapannya, klien bertambah dan katering Anda dicari orang. Selamat berwirausaha!

Sumber: 
shvoong.com

2 comments:

  1. Ya... memang makanan adalah kebutuhan yang terus menerus... bayangkan bila semua berhenti makan...?? Untuk melakukan promosi memang membutuhkan biaya lumayan, tapi semua pasti ada solusinya... apalagi sekarang serba cepat dan banyak saingan. Semoga ini bisa menjadi solusi buat kita --> http://tipimpemula.blogspot.com/

    info sangat bermanfaat...
    kalau kurang berkenan hapus aja!

    salam kenal!

    ReplyDelete
  2. Salam kenal, terima kasih sudah bersedia untuk comment di blog saya

    ReplyDelete